Kamis, 06 Desember 2007

Penderitaan, Kehilangan dan Kebodohan...


Jika kita melihat mengapa orang itu menyusahkan maka kita akan menemukan beberapa alasan mengapa mereka berbuat jahat. Hampir semua tingkah laku menyusahkan adalah hasil dari penderitaan, kehilangan dan kebodohan. Orang melakukan sesuatu yang menyakitkan pada orang lain karena mereka terluka hatinya. Sebenarnya mereka tidak menginginkannya namun tidak bisa mengelak. Atau mereka melakukan karena mereka tidak mengetahuinya.

Karena menderita orang bisa melakukan tindakan yang tidak rasional. Karena terhimpit ekonomi mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu, bahkan dengan membunuhnya. Mereka frustasi dengan keadaan. Setiap hari mereka melihat orang-orang kaya memamerkan kekayannya sedangkan mereka dalam keadaan susah, meski sudah bekerja keras. Penderitaan ini membuat mereka mengambil jalan pintas.

Orang menyusahkan sering karena kehilangan sesuatu. Saat orang kehilangan orang yang paling di cintainya ada beberapa dari mereka tidak siap. Merasa hidupnya sudah tidak berarti lagi. Ahirnya tanpa disadari dilampiaskan pada kegiatan yang membuat orang lain menderita.
Ada orang yang masa remajanya bertingkah seperti masa anak-anak. Ternyata oarang ini kehilangan masa kecilnya hanya dihabiskan didalam rumah untuk bekerja.

Ternayata banyak alasan orang itu melakukan kejahatan. Ada diantara mereka melakukannya karena penderitaan, kehilangan dan kebodohan.
Ketulusan kita untuk memahami akan berujung pada rasa kasihan padanya.

Tidak ada komentar: